__

Friday, November 22, 2013

5 Fakta Medis: Jatuh Cinta Menyehatkan

Oleh: dr. Nadia Octavia
Klikdokter.com - Cinta dapat datang dalam berbagai bentuk, baik cinta pada pasangan, keluarga ataupun teman-teman Anda. Banyak manfaat yang didapatkan, berdasarkan riset ilmiah, bahwa jatuh cinta dapat membuat Anda lebih bahagia dan lebih sehat. Simak 5 fakta jatuh cinta berikut ini:
  • Cinta dapat menurunkan tekanan darah
Pada sebuah riset yang dilakukan oleh US Department of Health and Human Services, pasangan yang memiliki pernikahan yang bahagia memiliki tekanan darah lebih rendah dibandingkan mereka yang belum menikah, sedangkan pasangan yang memiliki pernikahan tidak bahagia memiliki tekanan darah lebih tinggi dibandingkan kedua grup.
  • Cinta dapat menurunkan risiko depresi
Seringlah tertawa dengan orang yang Anda cintai untuk tetap bahagia dan sehat baik secara mental maupun fisik. Sebuah studi yang dikeluarkan oleh Journal of Health and Social Behavior menunjukkan bahwa mereka yang baru saja menikah memiliki skor skala depresi 3,42 poin lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang belum menikah. 
  • Love is a natural painkiller
Tahukah Anda bahwa jatuh cinta merupakan penghilang rasa sakit yang alami? Pada sebuah studi di Standford University yang dilakukan pada pelajar yang sedang berada pada 9 bulan pertama hubungan percintaan, diberikan nyeri dosis rendah dan kemudian ditunjukkan foto pasangannya.
Hasil dari riset tersebut menunjukkan bahwa mereka yang sedang dimabuk cinta teraktivasi area dopamin pada otaknya, mirip seperti yang terjadi pada pengguna kokain.
  • Cinta dapat meningkatkan kekebalan tubuh
Pasangan Anda mungkin saja sering menularkan Anda flu, namun percaya atau tidak, pasangan yang sedang jatuh cinta lebih jarang pergi ke dokter dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki pasangan.
Pada sebuah studi yang dilakukan di Wilkes University menemukan bahwa berhubungan seks minimal 1x/minggu dapat meningkatkan kadar IgA, yaitu antibodi yang memerangi penyakit. Selain itu oksitosin, yaitu suatu hormon yang dikeluarkan saat kita mencium atau menyentuh orang yang kita cintai, dapat menurunkan hormon stres dan meningkatkan imunitas
  • Cinta dapat menjaga bentuk tubuh
Meskipun masih diperdebatkan, namun sebuah studi yang dilakukan di Harvard Medical School menunjukkan bahwa seks diperkirakan dapat membakar 85 kalori atau lebih pada sesi selama 30 menit. Selain itu orgasme juga dapat meningkatkan kualitas tidur, mengurangi nyeri dan mengurangi risiko kanker prostat pada pria.

http://id.she.yahoo.com/5-fakta-medis-jatuh-cinta-menyehatkan-030852359.html

0 comments:

Post a Comment

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut

Footer Text

Labels

Menu